9/10/08

Pasca Orgasme

Perempuan cenderung tidur lebih lambat dibanding pasangannya selepas hubungan seks yang luar biasa ataupun yang kelas standar. Sementara pria sebaliknya, seringkali terlelap sekian detik setelah ejakulasi.

Menurut Dr Patti Britton, konsultan seks dalam iVillage, setidaknya ada empat hal yang menyebabkan pria ‘tidur mati’ selepas bercinta, atau bahkan masih terkantuk-kantuk hingga belasan jam kemudian.

Pertama, karena si pria memang sudah lelah sebelum bercinta. Hubungan seks membantunya lebih rileks dan membuang capek.

Kedua, karena hormon yang dilepaskan pada saat orgasme menciptakan rasa nyaman, sehingga berujung pada tidur lelap.

Selanjutnya, pada saat ejakulasi, pria tidak hanya meluncurkan sperma saja melainkan juga suhu tubuh. Pelepasan ini membuat fisik amat capek, dan membantu mempercepat tidur.

Keempat, karena selama berhubungan seks, pria dan perempuan menahan nafas, menghirup udara pendek-pendek, sama sekali tidak fokus terhadap pernafasan. Kekurangan suplai oksigen ini menyebabkan serangan kantuk membabi buta, bahkan terkadang masih tersisa hingga hari berganti.

Jadi, tak perlu heran bila pria cenderung langsung mengorok selepas bercinta. Namun jika tidur itu berlangsung pada saat seks masih setengah permainan, sebaiknya diperhatikan lebih seksama. Barangkali ada yang tidak beres dengan kesehatan Anda, atau bisa pula akibat samping pengobatan yang tengah dijalani.

No comments:

Post a Comment