8/19/10

Payudara Asimetris

TANYA :  Halo dokter yang baik! Saya mempunyai ukuran payudara yang berbeda (asimetris). Perbedaan antara keduanya cukup terlihat, karena menurut saya ukurannya memang berbeda cukup jauh, sekitar beda satu ukuran cup. Orang bilang apabila ukuran tidak sama itu wajar. Tetapi kenapa ukuran saya terlihat sekali berbeda, kadang-kadang sampai bingung ingin menggunakan bra yang ukuran cupnya apa.

Saya merasa payudara ukurannya berbeda sudah dari SMA, tetapi kenapa semakin saya dewasa perbedaan itu jadi lebih terlihat. Kenapa bisa begitu ya dok? Saya ngeri itu penyakit. Adakah cara untuk  menyamakan ukuran payudara sehingga enak dipandang mata dan membuat saya lebih percaya diri? Thank you Dok

Ute 23 tahun


JAWAB : Mbak Ute yang sedang bingung, sebagai wanita saya dapat mengerti kekhawatiran dan kebingungan anda. Ukuran payudara yang berbeda memang bisa sangat membingungkan anda dan berpikir apakah saya normal? Sebenarnya ukuran payudara yang berbeda memang sering dan umum dialami wanita. Tidaklah masalah bila ukuran payudara anda berbeda karena tidak ada manusia yang lahir dengan sangat simetris untuk kedua payudara.

Akan tetapi, apabila ukuran anda sangat jauh berbeda dan anda sendiri merasa khawatir akan ukuran yang berbeda itu, maka ada baiknya
anda menemui dokter anda karena dokter akan bisa memeriksanya dengan
lebih detail dengan melakukan pemeriksaan fisik terhadap payudara anda.
Jika perlu, maka dapat menggunakan alat bantu sehingga pemeriksaan bisa lebih menyeluruh dan mendetail.

Memang, seiring dengan perkembangan usia maka payudara akan bertambah besar akibat hormon yang bekerja menjelang dewasa. Mengenai pertanyaan anda apakah payudara dapat disamakan besarnya, saya rasa kalau dengan cara alami akan sangat sulit. Tapi, bila anda menginginkan agar sama demi kenyamanan pribadi, maka bicarakanlah hal ini dengan dokter anda dan diskusikan kemungkinan tindakan yang dapat dilakukan. termasuk kemungkinan operasi.

Saya harap jawaban saya bisa membantu kebingungan Mbak Ute. Salam manis untuk anda.

Bersama dr.Intan Airlina Febiliawanti
Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara
Residen Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

1 comment: